Senin, 03 Desember 2012

Kekasih Tak Juga Kapok Berselingkuh

Mas , saya mau tanya nih. Saya punya pacar sudah bertahun-tahun, sudah berkali-kali juga dia menyembunyikan wanita selain saya. Karena sayang, saya memaafkannya berkali-kali dan dia selalu berjanji nggak akan mengulanginya lagi. Tapi selama bertahun-tahun dia terus mengulangi kesalahan itu lagi dan lagi, mengingkari janjinya. Bahkan dia juga tak tahu perlakuan apa yang membuat saya marah dan sedih. Saya benar-benar capek, Mas. Tapi kalau saya berpisah pun saya nggak bisa tanpa dia. Gimana ya cara membuat dia nggak mengulangi kesalahannya itu?

Mega, 18 tahun


Jawab:


Hai Mega,

Ada perbedaan besar antara rasa sayang lalu ingin bersama, dan rasa kebiasaan karena terbiasa bersama. Tapi kalau tidak hati-hati memahami hati, banyak yang tidak bisa membedakannya.

Cinta haruslah menyamankan, bukan malah bikin deg-degan, apalagi berkali-kali mengecewakan.

Sifat baik Mega yang memberikan pengertian sekaligus memaafkan kesalahannya, ternyata malah digunakan sebagai kesempatan untuk kembali mengulanginya. Bahkan mungkin semakin lama semakin berani, karena beranggapan kalau pun ketahuan, akan selalu dimaafkan. 

Janganlah membuang-buang waktu dengan pria yang tidak setia. Cepat ambil sikap tegas dengan memintanya untuk lebih menghargai sebuah hubungan dalam kedewasaan dan kesetiaan. 

Kalau dia tidak bisa melakukannya, berarti Mega harus berani memutuskan untuk berpisah (dulu) agar dia merasakan perihnya kehilangan dan lebih menghormati kesabaran yang sudah Mega berikan.

Memang (awalnya) tidak mudah meninggalkan pria yang sudah lama bersama, tapi akan jauh lebih bermasalah kalau terus mempertahankan cinta yang sudah kehilangan penghormatan pada kesetiaan.

Jangan berharap perubahan pada dia yang tidak mau berubah.

Percayalah bahwa orang baik akan mendapatkan pasangan yang baik. Salah satu caranya adalah dengan meninggalkan yang buruk.

Terima kasih sudah berbagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar