Senin, 23 Juni 2014

Yuk, Kita Memasak Soto Betawi!

Soto Betawi 2
ABRARESTO.COM - Dalam rangka memeriahkan HUT Jakarta ke-487, timABRA mencoba untuk membeberkan resep masakan khas Betawi paling populer, Soto Betawi.
Walau asalnya dari Betawi, makanan ini memiliki cita rasa khas dan bisa diterima di lidah banyak kalangan. Jadi, tidak heran jika soto Betawi bisa ditemui di berbagai belahan Nusantara. Esensi dari masakan soto Betawi adalah kegurihan santan, kesegaran potongan tomat, dan keempukan potongan daging dan kentang.
Jika kamu adalah penggemar Soto Betawi, yuk, tidak ada salahnya kamu belajar cara memasak masakan super lezat ini.
Waktu persiapan: 30 Menit, Waktu memasak: 45 Menit
Bahan Dasar Kuah:
3 liter air
500 cc santan kental
200 cc susu cair (jika ingin kuah lebih gurih dan tebal)
2 buah cengkeh
1 batang serai yang dimemarkan
2 lembar daun salam
Garam, gula, dan lada secukupnya
Bumbu yang dihaluskan (2 buah cabai merah besar, 6 buah bawang merah, 4 buah bawang putih, jahe, lada, dan sedikit garam)
Bahan Dasar Soto:
Minyak untuk menumis, secukupnya
Soto Betawi 4
600 gram daging sapi/kambing. Sebagai isi soto Betawi ini, bisa juga menggunakan jeroan seperti paru, usus, lidah, atau kikil. Rebus hingga empuk. Lalu, tiriskan.
2 buah kentang yang telah dikupas lalu dipotong sesuai selera. Jika ingin lebih empuk, direbut terlebih dahulu, lalu digoreng sebentar.
Bahan pelengkap :
1 buah tomat yang dipotong ukuran kotak dadu
Daun bawang diiris
Jeruk nipis
Emping goreng
Bawang goreng
Sambal
Cara Memasak& Penyajian:
Soto Betawi 3
Pertama, tumis semua bumbu yang telah dihaluskan, tunggu sampai harum.Lalu didihkan air serta cengkeh, serai, dan daun salam.Setelah adonan air tadi mulai tercampur, tambahkan denganbumbu halus yang telah ditumis tadi kedalam panci lalu tambahkan juga santan dan susu, aduk dengan rata.
Jika ingin bumbu lebih menyerap ke dalam daging, maka masukkan potongan daging dan kentang terlebih dahulu ke dalam panci, lalu masak kurang lebih 15 sampai 20 menit hingga kuah mengental dan harum.Jangan lupa tambahkan sedikit garam, gula, dan lada sesuai selera.
Soto Betawi
Jika ingin keempukan daging yang berbeda, ada juga cara penyajian lain. Daging rebus yang sudah ditiriskan dipotong-potong. Begitu juga dengan kentang potong dan irisan tomat ke dalam mangkok. Siram kuah pada saat sudah mendidih. Lalu taburkan daun bawang, bawang goreng dan emping goreng. Untuk penambah bumbu kuah sesuai selera masing-masing, siapkan kecap dan potongan jeruk. Soto Betawi siap disajikan!
Foto-foto merupakan foto ilustrasi pembuatan soto betawi.



https://id.she.yahoo.com/yuk,-kita-memasak-soto-betawi!-110540050.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar